Skip to content

8 Pola Berpikir yang Destruktif dan Cara Mengubahnya

Sulit untuk fokus pada sesuatu yang baik saat hal-hal buruk kelihatannya sedang terjadi dalam hidup Anda. Namun Anda dapat melatih pikiran Anda untuk tetap berfokus pada hal-hal baik dalam hidup Anda daripada tetap berpikir tentang hal yang buruk  Artikel ini membahas bagaimana mengubah cara berpikir Anda, mengubah pola pikir Anda. Apakah Anda menggunakan salah satu dari pola berpikir ini dalam kehidupan Anda?

  1. Pola pikir ‘Life is shit’ – Segala sesuatu dalam hidup adalah buruk, semua orang tidak bisa dipercaya dan tidak ada sesuatu yang baik yang terjadi pada mereka. Contoh. “Aku tidak akan mendapatkan pekerjaan itu, pewawancara itu tidak menyukaiku dan Aku pun tidak menyukai mereka.”
  2. Pola pikir dengan mengambil ‘kesimpulan yang tidak tepat’ – Anda cenderung membuat banyak kesimpulan tanpa adanya cukup bukti untuk mendukung kesimpulan Anda. Ini bisa menjadi pola pikir yang sangat merusak karena dapat membatasi Anda dalam melihat realitas yang sebenarnya.Contoh, “Dia berjalan agak lucu, ia pasti seorang gay.”
  3. Pola pikir ‘Tidak pernah untuk saya’ – Pola pikir ini ketika Anda berpikir tidak ada hal baik akan pernah terjadi pada Anda. Ini merupakan cara berpikir dimana anda tidak mampu mempercayai bahwa Anda layak untuk sesuatu yang baik.Contoh, “Aku tidak akan pernah punya uang. Aku tidak punya uang sebelumnya jadi pasti tidak akan pernah punya uang juga di masa datang. Mungkin aku aka tetap melanjutkan pekerjaan buruk ini paling tidak untuk membayar utang. “
  4. Pola pikir ‘Meramalkan sesuatu yang negatif’ – Menganggap Anda tahu apa yang orang pikirkan tentang Anda dan itu semua buruk. Contoh, “Dia pikir aku idiot, aku tidak mau bicara dengannya.”
  5. Pola pikir “Seharusnya saya bisa” – Tipe orang ini tahu apa yang harus mereka lakukan untuk mengubah hidup mereka, mereka mampu dan mereka tahu dan mereka akan melakukannya hanya jika….. Contoh, “Aku tahu aku bisa dan akan masuk universitas, tetapi saat ini aku terlalu sibuk mengerjakan hal lain. Jadi aku akan mendaftar tahun depan.”
  6. Pola pikir “berdasarkan Emosi” – Emosi Anda mengendalikan apa yang Anda pikirkan sehingga hal itu menjadi realita.Contoh, “Aku merasa tidak mampu melakukan hal itu, jadi aku pasti tidak mampu “.
  7. Pola pikir ‘Semua ini salahku’ – Anda melihat diri Anda sebagai penyebab dari segala sesuatu yang buruk yang telah terjadi.Contoh, “Ini salahku sehingga dia meninggalkanku untuk wanita lain.” Anda akan melihat bahwa tipe orang ini tidak dapat bertanggung jawab untuk hal-hal baik yang terjadi.
  8. Pola pikir ‘Mereka semua salah’ – Anda melihat semua orang sebagai orang yang tidak mampu melakukan sesuatu dengan benar dan cara Anda adalah cara terbaik untuk melakukannya.Contoh, “Dia tidak bisa melakukannya dengan benar, aku akan lembur dan memperbaikinya ketika dia pergi.”

Bagaimana Mengubah Pola Pikir Destruktif?

Tahap pertama adalah mengenali permasalahan – Anda akan menemukan banyak yang berpikir hal ini bukan masalah sehingga tidak perlu untuk mengubah. Jika ini Anda, maka Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Jika Anda ingin berubah, Anda harus berpikir bahwa Anda butuh berubah dan Anda akan mulai untuk mengenali apa yang perlu diubah. Hal ini biasanya dimulai dengan persepsi Anda tentang kehidupan. Setiap orang mempersepsikan kehidupan secara berbeda, karena kenyataannya hidup setiap orang berbeda. Saya tidak hidup di dunia yang sama seperti Anda dan Anda tidak hidup di dunia yang sama seperti saya.

Pandangan setiap orang berbeda dan semuanya berawal dari pola pikir yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda berpikir hidup itu indah, maka Anda akan melihat hal-hal indah dalam hidup Anda, jika Anda berpikir hidup ini buruk, Anda akan menemukan hal-hal tentang kehidupan yang juga buruk. Ubahlah cara berpikir Anda dan Anda akan mengubah dunia tempat Anda tinggal. Pertama Anda harus mengenali pola pikir merusak Anda.

Tahap kedua adalah menyadari ketika Anda menggunakan pola pikir destruktif – Kita dapat menggunakan pola pikir yang berbeda tergantung pada apa yang kita lakukan. Contoh, Anda bisa menggunakan pola pikir positif di tempat kerja ketika Anda sangat percaya terhadap kemampuan Anda, dan dapat menggunakan pola pikir merusak ketika mencari cinta. Mengetahui ketika Anda menggunakan pola pikir merusak dapat membantu Anda untuk mengubah pola itu. Setelah Anda mengetahui saat Anda menggunakan pola pikir destruktif, maka sekarang saatnya untuk mengubahnya.

Tahap ketiga adalah menggantikan buruk dengan sesuatu yang baik – Ini adalah sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan dengan segera. Jangan katakan “Aku tidak akan pernah bisa melakukan itu”, yang merupakan pola pikir lama Anda. menjadi “Aku bisa”. Hal itu tidak akan bekerja Anda harus menghilangkan pola pikir lama secara perlahan sambil secara perlahan memperbaiki pola pikir. Sebagai contoh:

Anda sedang barada di sebuah klub dan Anda ingin berbicara dengan seseorang yang Anda tertarik. Pikiran Anda “Dia tidak akan mau berbicara denganku . Dia terlalu cantik.” Anda dapat segera mengenali pola pikir merusak ini dan segera mengatakan kepada diri sendiri sesuatu yang baik tentang diri Anda. Hal Ini tidak akan segera membantu situasi Anda, tetapi secara perlahan-lahan akan mulai mengubah pola pikir lama yang destruktif dengan yang baru.

Tahap ini berlangsung dari waktu ke waktu dan tidak dapat segera Cara terbaik untuk mengubah pola pikir destruktif adalah perlahan-lahan menggantikannya dengan pola pikir yang lebih baik untuk Anda. Saya tahu orang menginginkan kehidupan yang instan. Tapi Anda tidak dapat mengubah hidup Anda dalam 1 hari, kecuali sesuatu yang drastis terjadi.

Untuk mengubah pola pikir Anda, Anda harus

Mengetahui
Menyadari
Perlahan-lahan berubah dan memperkenalkan pola pemikiran baru

Ubah hidup Anda dengan cara baru berpikir

Sumber: http://www.stevenaitchison.co.uk/

Sepatu Terlalu Sempit dan Masalah pada Kaki

Sejalan meningkatnya sistem belanja online, timbul keinginan besar untuk membeli, menyimpan, dan memakai sepatu yang terlihat modis, tetapi mungkin tidak benar-benar cocok.

Akibatnya, banyak orang mengenakan sepatu yang tidak sesuai dengan bentuk dan ukuran kakiPerempuan khususnya lebih cenderung membeli sepatu yang terlalu kecil sehingga menyebabkan resiko timbulnya kapalan, penonjolan tulang, dan kecacatan lain yang membutuhkan tindan operasi.

Bunion (Penonjolan tulang ibu jari)

Bunion adalah pembesaran/penonjolan tulang di pangkal jempol kaki. Sejalan dengan pertumbuhan bunion, ibu jari bergeser menuju jari kedua dan timbul pembengkakan serta nyeri saat mengenakan sepatu

Meskipun faktor genetik mungkin berperan, tetapi dalam banyak kasus, bunion sangat terkait dengan penggunaan sepatu yang terlalu sempit

Perawatan tanpa operasi dengan menggunakan sepatu dengan bagian depan yang lebar, mengenakan spacer antara kaki Anda besar dan kedua, dan / atau mengompres es ke kaki Anda. Jika langkah-langkah perawatan tersebut tidak efektif, mungkin dibutuhkan tindakan operasi untuk menghilangkan tonjolan tulang tersebut.

Penebalan kulit (Kapalan)

Kapalan adalah penebalan kulit yang terjadi akibat penekanan terus menerus pada kulit.

Perawatan sederhana dengan menggunakan pelindung busa pada kapalan sehingga mengurangi tekanan Selain itu, perlu memakai sepatu yang pas.

Jari Palu (Hammer Toe)

Jari palu terjadi ketika jari kaki terjepit sepatu yang sempit sehingga tidak dapat lurus.Persendian jari menekuk dan jika Anda mengenakan sepatu ketat, maka jari tersebut akan tergesek pada permukaan dalam sepatu dan menimbulkan nyeri dan lama kelamaan dapat tumbuh kapalan Selain itu, otot-otot jari kalo akan melemah jika kaki tetap dalam posisi abnormal.

Pengobatan sederhana dengan mengenakan sepatu dengan bagian depan lebar, splint kaki dan kompres es. Jika cara tersebut tidak berhasil, maka operasi adalah pilihan untuk memperbaiki kecacatan.

Jari Bersilangan

Jari bersilangan terjadi akibat jari-jari berdesakan dalam sepatu yang sempit. Dan akibat penekanan terus menerus, jari kedua dan ketiga bergeser ke atas ibu jari kaki

Perawatan sederhana dengan mengenakan sepatu dengan bagian depan yang lebar, mengenakan spacer untuk menjaga jarak antara jari dan mengompres dengan es. Jika cara ini gagal, operasi mungkin menjadi pilihan.

Kelainan Arah Pertumbuhan Kuku Jari (Ingrown Toenail)

Kelainan kuku jari yang dapat terjadi berupa pertumbuhan kuku kearah dalam. Kelainan arah pertumbuhan kuku ini sering terjadi akibat memotong kuku terlalu pendek terutama dibagian tepi jari.Sebuah kuku tumbuh ke dalam biasanya terjadi di jempol kaki saat kuku dipotong pendek dekat ujung jari kaki. Cedera ini diperburuk dengan menggunakan sepatu yang terlalu sempit sehingga ibu jari tertekan oleh jari kedua dan menimbulkan peradangan dan nyeri.

Perawatan sederhana dengan mengenakan sepatu dengan bagian depan lebar dan merendam kaki tiga sampai empat kali sehari dengan air hangat. Hindari memotong kuku dibagian sudut jari terlalu pendek

Kaki Diabetes

Orang dengan diabetes sering menderita kerusakan saraf (neuropati perifer) di kaki sehingga tidak dapat merasakan nyeri baik akibat iritasi bahkan tusukan. Jika sepatu terlalu ketat, dapat menyebabkan kulit melepuh ataupun luka yang dapat dengan cepat terinfeksi

Jika Anda penderita diabetes, periksa kaki Anda setiap hari. Apakah ada kemerahan, lecet, luka, goresan, ataupun masalah kuku.

Pemilihan Sepatu untuk Menghindari Masalah Kaki

  • Ketika mencoba pada sepatu baru, pastikan bahwa jari-jari kaki Anda tidak merasa terjepit atau sempit, dan jari-jari anda tidak saling tumpang tindih.
  • Mintalah penjual untuk mengukur panjang dan lebar kedua kaki untuk memastikan ukuran yang tepat.
  • Jangan membeli sepatu yang tidak pas.  Sejalan dengan waktu, sepatu dapat melebar akibat desakan kaki, akan tetapi tetap dapat menyebabkan nyeri dan kerusakan pada kaki. Tujuan pemilihan sepatu adalah menemukan sepatu yang sesuai dengan kaki Anda. Bukan menyesuaikan kaki ke sepatu Anda.

Sumber: http://orthoinfo.aaos.org/

Bagaimana Memotivasi Diri Anda

Untuk tetap termotivasi merupakan sebuah perjuangan. Diri kita secara konstan diserang dengan pikiran negatif dan kekhawatiran akan masa depan. Setiap orang menghadapi keraguan dan depresi. Yang membedakan dengan orang sukses adalah kemampuan mereka untuk tetap maju.

Tidak ada solusi yang mudah untuk mereka yang kurang motivasi. Walaupun kita telah mengalahkannya, masalah akan tetap muncul dan menurunkan motivasi. Kunci dalam memotivasi diri adalah memahami pikiran anda dan bagaimana pikiran tersebut mengendalikan emosi anda. Dengan belajar cara menjaga pikiran positif, menetralisir pikiran negatif dan fokus pada tugas anda, anda dapat menjaga diri anda tetap termotivasi.

Alasan Hilangnya Motivasi

Ada 3 alasan utama yang menyebabkan kita kehilangan motivasi

  1. Kurangnya kepercayaan diri – Jika anda tidak percaya bahwa anda dapat sukses, buat apa lagi anda mencoba?
  2. Kurangnya fokus – Jika anda tidak tahu apa yang anda inginkan, apakah benar anda menginginkan sesuatu?
  3. Kurangnya arah – Jika anda tidak tahu mau melakukan apa, bagaimana anda dapat termotivasi untuk melakukan hal tersebut?

Bagaimana Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pembunuh pertama motivasi adalah kurangnya kepercayaan diri. Ketika hal ini terjadi, biasanya dikarenakan anda terlalu memfokuskan pikiran anda terhadap apa yang anda inginkan dan mengabaikan apa yang telah anda miliki. Ketika anda hanya berpikir tentang apa yang anda inginkan, pikiran anda akan membuat alasan kenapa anda tidak dapat mendapatkan apa yang anda inginkan. Hal ini menimbulkan pikiran negatif. Pikiran anda akan didominasi dengan pikiran akan kegagalan masa lalu, ketidakberuntungan maupun kelemahan diri. Anda akan merasa iri dengan kompetitor lain dan mulai membuat alasan kenapa anda tidak dapat sukses. Dalam kondisi ini, anda akan cenderung membuat impresi yang buruk, memikirkan yang buruk tentang orang lain dan kehilangan kepercayaan diri.

Cara untuk keluar dari pola pemikiran ini adalah dengan selalu bersyukur. Tetapkan diri anda untuk berfokus pada semua yang positif dalam diri anda. Buat sebuah daftar tentang kekuatan anda, kesuksesan masa lalu dan kesempatan yang dapat anda ambil. Kita cenderung mengabaikan kekuatan diri kita dan selalu terfokus pada kegagalan. Dengan berusaha senantiasa bersyukur, anda akan menyadari bahwa anda telah memiliki kesuksesan dan keberhasilan itu. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan membuat anda lebih termotivasi untuk menggapai kesuksesan lagi.

Mungkin terdengar aneh tetapi sangat efektif, bahwa mengulang-ulang hal yang telah anda ketahui dapat meningkatkan cara berpikir (mindset) anda. Pikiran mendistorsi realitas untuk mempercayai apa yang ingin dia percayai. Semakin negatif yang anda pikirkan, semakin pikiran anda meyakini dan mempercayai hal tersebut. Ketika anda percaya bahwa anda layak untuk sukses, maka pikiran anda akan mencari cara untuk mencapai hal tersebut. Cara terbaik untuk mencapai kesuksesan diri anda adalah dengan menimbulkan keinginan yang murni untuk memberi nilai bagi sekeliling kita.

Mengembangkan Fokus yang Nyata

Pembunuh kedua motivasi adalah kurangnya fokus. Seberapa sering anda berfokus pada apa yang anda tidak inginkan dibandingkan berfokus pada tujuan yang nyata? Kita umumnya berpikir tentang ketakutan. Saya takut menjadi miskin. Saya takut tidak ada yang menghormati saya. Saya takut sendirian. Masalah dengan cara berpikir ini adalah bahwa ketakutan itu sendiri tidak menimbulkan aksi bahkan menurunkan motivasi anda.

Jika anda berada pada pemikiran yang dipenuhi ketakutan, langkah pertama adalah memfokuskan energi tersebut untuk membuat sebuah tujuan yang jelas. Dengan tujuan yang jelas, anda secara otomatis mempersiapkan langkah-langkah yang jelas juga. Jika anda takut akan kemiskinan, maka susunlah rencana untuk meningkatkan pendapatan anda. Bisa dengan bersekolah, mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi atau membuat sebuah usaha. Kunci utama adalah bergerak dari keinginan yang tidak jelas menjadi keinginan yang terfokus dan nyata serta memiliki langkah yang dapat diukur.

Dengan memfokuskan pikiran terhadap tujuan yang positif dibandingkan ketakutan yang tidak jelas, anda membuat otak anda bekerja. Secara instant, pikiran ada membuat perencanaan untuk sukses. Daripada kuatir akan masa depan, anda dapat memulai sesuatu saat ini. Inilah langkah pertama dimana motivasi anda mulai melakukan aksi. Ketika anda tahu apa yang anda inginkan, anda mulai mengambil aksi.

Menentukan Arahan

Bagian terakhir dari motivasi adalah “arahan”. Jika fokus berarti memiliki tujuan utama, Arahan adalah memiliki langkah-langkah strategi untuk mencapai tujuan. Kurangnya arahan mematikan motivasi anda karena anda tidak memiliki langkah berikut yang jelas sehingga kita mudah menyerah. Sebagai contoh, seseorang ingin memiliki blog populer, tetapi lebih banyak menghabiskan waktu untuk membaca cara membuat blog dibandingkan menulis sebuah artikel.

Kunci untuk mendapatkan arahan adalah dengan mengidentifikasi aktifitas yang dapat membawa pada kesuksesan. Untuk setiap tujuan, ada yang harus dilakukan dan ada yang tidak. Buatlah sebuah daftar aktifitas dan susunlah berdasarkan hasil. Kemudian bentuklah sebuah rencana aksi yang berfokus pada kegiatan-kegiatan yang akan membawa hasil yang besar. Senantiasa melihat kembali setiap tugas penting akan memberikan energi menuju kesuksesan.

Ketika motivasi mulai pudar, anda dapat mengembalikannya dengan membentuk dua rencana aksi yang positif. Pertama adalah tugas kecil yang anda ingin kerjakan, dan kedua adalah untuk mencapai tujuan jangka panjang. Segera lakukan tugas kecil, karena hal ini akan menimbulkan momentum positif. Setelah itu lakukan langkah pertama untuk mencapai tujuan jangka panjang. Dengan melakukan hal ini secara berkala dapat membantu anda keluar dari kemerosotan, memberikan kekuatan positif dan kembali menggerakkan rencana jangka panjang yang telah dibut.

Anda pasti akan mengalami keadaan energi yang rendah, kurang beruntung maupun kegagalan. Jika anda tidak mendisiplinkan pikiran anda, hambatan kecil ini dapat menjadi besar. Dengan tetap bertahan melawan tiga besar pembunuh motivasi ini, anda dapat menjaga motivasi dan membawa diri anda kepada kesuskesan.

Diterjemahkan secara bebas dari http://www.pickthebrain.com/

Postur Tubuh Buruk dan Kesehatan

Postur tubuh yang buruk terjadi akibat gangguan pada sistem otot sebagai hasil dari aktivitas sehari-hari. Banyak faktor yang berdampak pada postur termasuk akivitas dalam bekerja, melakukan kegiatan secara berulang (repetition) ataupun pekerjaan yang membutuhkan tenaga yang besar. Selain itu, faktor resiko lainnya termasuk faktor psikososial seperti tekanan pekerjaan (job stress) dan ketegangan.

Akibat postur tubuh yang buruk

  1. Kepala maju kedepan (Forward head posture) dan bahu melengkung kedepan. Posisi ini sering menyebabkan nyeri pada leher, bahu dan punggung serta menyebabkan gangguan pernafasan akibat pengembangan dada yang kurang maksimal.
  2. Pendataran tulang punggung bawah sering menimbulkan nyeri punggung bagian bawah.

Penyebab postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang buruk dapat ditimbulkan oleh beberapa hal. Jika seseorang dalam sebagian besar waktunya berada pada posisi tertentu maka tulang belakang akan cenderung untuk berada pada posisi tersebut. Contoh seseorang yang secara konstan dan berulang condong ke depan untuk mengambil sebuah barang.

Penyebab lainnya adalah postur tubuh yang menetap untuk waktu yang lama seperti duduk. Pada saat duduk sebenarnya tidak ada posisi yang sepenuhnya ideal. Duduk yang sehat adalah duduk yang secara rutin diikuti dengan pergerakan aktif.

Jadi, postur tubuh yang buruk disebabkan oleh kegiatan berulang (repetition) dalam waktu yang berkepanjangan ataupun berada pada tetap berada pada posisi tertentu (fixed) untuk waktu yang lama

Keuntungan menjaga postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang baik menjaga otot, ligamen, tulang dan organ dalam dalam kondisi yang alami. Hal ini mengurangi kerusakan persendian, mengurangi stress dan memperbaiki kesehatan serta penampilan. Selain itu, postur tubuh yang baik juga membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Tips Bagi Pengguna Komputer

Perkembangan zaman menuntut penggunaan komputer. Penggunaan komputer dituntut dihampir setiap pekerjaan dan telah menjadi sebuat gaya hidup. Kebanyakan pengguna komputer, menggunakan komputer hingga berjam-jam baik untuk menyelesaikan tugas, browsing, gaming, bloggin dll. Semakin lama anda bekerja didepan komputer, maka semakin besar dampak negatif yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan tubuh anda.

Oleh karena itu, disarankan bagi pengguna komputer untuk mengetahui teknik-teknik yang benar dalam menggunakan komputer sehingga dapat menurunkan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Tips Postur Tubuh di Meja Komputer

  1. Pertahankan postur tubuh yang baik pada saat bekerja dengan keyboard. Gunakan kursi dengan penyangga punggung bawah. Kedua kaki menapak sempurna pada lantai untuk menurunkan ketegangan pada punggung.
  2. Peralatan yang sering dipergunakan sebaiknya diletakkan tepat didepan anda. Jaga bahu tetap rileks dengan kedua siku disamping badan.
  3. Jangan meletakkan kedua siku pada permukaan keras ataupun tepi meja. Gunakan pelindung siku (kain) bila diperlukan
  4. Siku sebaiknya diposisikan agak condong kebawah ketika bekerja untuk menjaga posisi tetap rileks di keyboard.
  5. Pergelangan tangan harus dalam posisi netral atau lurus dengan lengan bawah saat mengetik ataupun menggunakan “mouse”. Pelindung pergelangan dapat membantu menjaga posisi pergelangan tetap netral.
  6. Ambil waktu istirahat walaupun sesaat untuk merilekskan badan.