Skip to content

Postur Tubuh Buruk dan Kesehatan

18 Oktober 2012

Postur tubuh yang buruk terjadi akibat gangguan pada sistem otot sebagai hasil dari aktivitas sehari-hari. Banyak faktor yang berdampak pada postur termasuk akivitas dalam bekerja, melakukan kegiatan secara berulang (repetition) ataupun pekerjaan yang membutuhkan tenaga yang besar. Selain itu, faktor resiko lainnya termasuk faktor psikososial seperti tekanan pekerjaan (job stress) dan ketegangan.

Akibat postur tubuh yang buruk

  1. Kepala maju kedepan (Forward head posture) dan bahu melengkung kedepan. Posisi ini sering menyebabkan nyeri pada leher, bahu dan punggung serta menyebabkan gangguan pernafasan akibat pengembangan dada yang kurang maksimal.
  2. Pendataran tulang punggung bawah sering menimbulkan nyeri punggung bagian bawah.

Penyebab postur tubuh yang buruk

Postur tubuh yang buruk dapat ditimbulkan oleh beberapa hal. Jika seseorang dalam sebagian besar waktunya berada pada posisi tertentu maka tulang belakang akan cenderung untuk berada pada posisi tersebut. Contoh seseorang yang secara konstan dan berulang condong ke depan untuk mengambil sebuah barang.

Penyebab lainnya adalah postur tubuh yang menetap untuk waktu yang lama seperti duduk. Pada saat duduk sebenarnya tidak ada posisi yang sepenuhnya ideal. Duduk yang sehat adalah duduk yang secara rutin diikuti dengan pergerakan aktif.

Jadi, postur tubuh yang buruk disebabkan oleh kegiatan berulang (repetition) dalam waktu yang berkepanjangan ataupun berada pada tetap berada pada posisi tertentu (fixed) untuk waktu yang lama

Keuntungan menjaga postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang baik menjaga otot, ligamen, tulang dan organ dalam dalam kondisi yang alami. Hal ini mengurangi kerusakan persendian, mengurangi stress dan memperbaiki kesehatan serta penampilan. Selain itu, postur tubuh yang baik juga membantu meningkatkan kepercayaan diri.

From → Info Kesehatan

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: